Senin, 10 September 2018

Seleksi Buatan

Teori evolusi serigala menjadi anjing merupakan teori yang begitu logis untuk dipahami.  Semua itu terjadi dimulai dari persekutuan karena nyaman menjadi persahabatan yang semakin dalam seiring berjalannya waktu.

Untuk mengetahui apa yang terjadi selanjutnya, mari kita tinggalkan nenek moyang kita dari sekitar 20.000 tahun yang lalu untuk menuju masa lalu yang lebih dekat, selama masa jeda di zaman es.



Masa jeda iklim ini memulai suatu perubahan. Alih-alih mengembara, orang-orang malah menetap. Ada yang baru di dunia.. yaitu desa. Orang-orang masih berburu dan mengumpulkan makanan, tapi sekarang mereka juga menghasilkan makanan dan pakaian.

Serigala telah menukar kebebasan mereka dalam pertukaran demi makanan yang tetap. Mereka melepaskan hak mereka untuk memilih pasangan. Sekarang manusia lah yang memilih untuk mereka. Mereka terus-menerus membunuh anjing-anjing yang sulit dilatih, yang menggigit tangan ketika diberi makan. Dan mereka membiakkan anjing yang menyenangkan mereka.

Mereka memelihara anjing yang melakukan perintah mereka. Bberburu, menggembala mengawal, mengangkut, dan menjaga perkumpulan mereka. Dari setiap peranakan, manusia memilih anak anjing yang dianggap bagus.

Lintas generasi, anjing-anjing berevolusi. Jenis evolusi ini disebut "seleksi buatan" atau "pemuliaan". Merubah serigala menjadi anjing adalah pertama kalinya kita, manusia turut campur dalam evolusi dengan tangan kita sendiri. Dan kita sudah melakukannya sejak saat itu untuk membentuk tanaman  dan hewan yang kita perlukan.



Dalam sekejap waktu kosmis,  sekitar 15.000 atau 20.000 tahun, kita merubah serigala abu-abu menjadi berbagai jenis anjing yang kita cintai saat ini. Bayangkan, setiap jenis anjing yang pernah kamu lihat dibentuk oleh tangan manusia.  Banyak dari teman terbaik kita itu-- peranakan yang populer-- dibentuk hanya dalam beberapa abad terakhir.

Kekuatan menakjubkan dari evolusi, mengubah serigala rakus menjadi penggembala yang setia... yang melindungi ternak dan mengusir serigala.

Seleksi buatan merubah serigala menjadi gembala dan rumput liar menjadi gandum dan jagung. Bahkan, hampir setiap tanaman dan hewan yang kita makan hari ini adalah peranakan dari yang liar, nenek moyangnya kurang bisa kita makan.

Jika seleksi buatan dapat merubah cukup banyak hanya dalam 10.000 atau 15.000 tahun, apa yang dapat dilakukan seleksi alam selama miliaran tahun? Jawabannya adalah keindahan dan keanekaragaman kehidupan.

Bagaimana cara kerjanya? Nantikan pada tulisan selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar