Rabu, 19 September 2018

Wujud Kehidupan Lain


Titan adalah satu-satunya dunia lain di tata surya yang memiliki hujan. Ia memiliki sungai dan garis pantai. Titan memiliki ratusan danau. Uap yang naik dari danau memadat dan jatuh kembali sebagai hujan. Titan memiliki lanskap yang mirip dengan bumi. Hanya saja, struktur kimianya jauhn berbeda. Cairannya tersusun atas etana, daratannya tersusun dari air yang membeku, mirip seperti antartika. Udaranya tersusun atas nitrogen tanpa oksigen.



Kemiripan lanskap titan dengan bumi membuat kita berandai-andai. Mungkinkah ada kehidupan di titan? Kehidupan seperti apa yang mampu bertahan dalam keadaan seperti itu? Tentu kehidupan yang jauh berbeda dari kehidupan di bumi, yang mahluk hidupnya bernafas dengan oksigen, minum air, dan tubuh yang tersusun dari karbon.

Dasar kimia untuk kehidupan di titan akan sepenuhnya berbeda dari apa pun yang kita ketahui. Semua kehidupan di Bumi bergantung pada air yang cair. Dan permukaan Titan tidak memiliki semua itu. Tapi kita bisa membayangkan jenis kehidupan lainnya.

Mungkin ada makhluk yang menghirup hydrogen bukannya oksigen. Dan melepaskan metana, bukannya karbondioksida.  Mereka mungkin menggunakan asetilena sebagai sumber tenaga, bukannya gula. Siapa tahu jika makhluk semacam itu memerintah kerajaan tersembunyi dibawah ombak minyak metana yang gelap. Suatu laut luas yang dinamai Laut Kraken,  dinamakan berdasar nama monster laut mitologi Nordik.

Kalaupun ada monster kraken dibawah sana kita mungkin tak bisa melihatnya. Terlalu gelap, untuk mata mahluk bumi, yang didesain melihat sesuatu berdasarkan cahaya.  Laut kraken sangat gelap untuk ukuran manusia. Hal ini karena “airnya” tersusun dari metana dan etana. Zat-zat tersebut di bumi berwujud gas, ditambang sebagai bahan bakar. Namun, cadangan metana di titan sangat melimpah. Jika kita mengambil seluruh minyak dan gas alam di Bumi itu hanya sebagian kecil dari yang ada di Titan.

Di dalam kegelapan lautan metana tersebut, siapa tau… Terdapat kehidupan yang tidak memerlukan cahaya untuk “melihat”, dengan standar panas dan dingin yang berbeda dengan kita, dan memiliki bentuk kehidupan yang jauh berbeda dari bumi…

0 komentar:

Posting Komentar